Menulis Gagasan dalam Bentuk Paragraf Naratif dengan Menggunakan Pola Urutan Waktu dan Tempat

by 7:00:00 am 0 Komentar


           Ciri-ciri paragraf naratif, diantaranya adalah berupa cerita kisahan, adanya jalinan peristiwa (alur), ditandai dengan urutan waktu dan tempat tertentu (latar), adanya tokoh, dan adanya konflik.


Narasi adalah bentuk karangan atau wacana yang mengisahkan suatu kegiatan dalam suatu rangkain waktu. Dengan pengisahan tersebut, penulis atau pencerita dapat membawa pembaca atau pendengar pada suasana sebenarnya. Narasi dapat berupa cerita fiksi (rekaan) dan nonfiksi (faktual).

Unsur-unsur yang membangun narasi, diantaranya adalah :
1.       Alur, merupakan urutan peristiwa yang mengatur hubungan tindakan demi tindakan agar saling bertalian secara logis.
2.       Pengembangan, merupakan rangkain peristiwa yang dimulai dengan pengenalan atau pendahuluan, isi dan bagian penutup.
3.       Kesatuan tindakan,
4.       Proses,

5.       Hubungan di dalam konflik.


Source : Handiyani, Seni, Nurhayati, Tetty, Prastyati, Wildan.(2011).Bahasa Indonesia 1 untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas, Bandung:Grafindo.
           

Kiimiiryuu

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com